Akupresur Ibu Hamil Dan Manfaatnya Untuk Bayi

By | December 5, 2021

Akupresur Ibu Hamil – Para bunda berbadan dua kerapkali risau kala telah masuk Hari Ditaksir Lahir( HPL) tetapi isyarat persalinan belum pula timbul. Bila telah begini, banyak dokter malah menganjurkan induksi kedokteran yang penuh rasa sakit serta cenderung“ memforsir” persalinan. Sementara itu, induksi bisa dicoba secara natural serta sedikit sakit, salah satunya dengan metode akupresur.

Akupresur ibu Hamil Dan Pengaplikasiannya

Contoh aplikasi akupresur ibu hamil dikisahkan Bidan Yesie Aprillia dalam tulisannya di halaman Bidan Kita. Seseorang kliennya, Kumala, dikala itu tengah berbadan dua anak ketiga. Umur kehamilan yang sudah merambah 40 pekan 4 hari membuat sekelilingnya bertanya tentang kapan sang jabang balita dilahirkan. Hujan persoalan itu juga membikin Kumala tekanan pikiran hingga dia ogah keluar kamar.

Bermacam- macam konsumsi perangsang induksi telah dia coba, mulai dari minum juice nanas, makan buah durian, kiwi, serta pepaya, tetapi kontraksi tidak kunjung tiba. Pendek cerita, walaupun bayinya dalam keadaan sehat, keluarganya memforsir Kumala periksakan bayinya ke rumah sakit. Dokter kesimpulannya melaksanakan induksi kedokteran pada umur kehamilan 41 pekan.

Sayang, induksi yang dicoba dokter kandas. Bayinya hadapi fetal distress, keadaan dikala bakal anak tidak menerima lumayan oksigen sehingga hadapi sesak. Bila terus dibiarkan, kesehatan serta nyawa bakal anak dapat terancam. Peristiwa tersebut membuat 2 pukulan besar pada Kumala: telah wajib merasakan sakit kontraksi luar biasa akibat induksi kedokteran, persalinan melalui pembedahan caesar juga tidak bisa dia jauhi.

“ Sementara itu, keadaan masing- masing orang berbeda, tetapi tenaga kesehatan kerapkali mengecam melaksanakan caesar kala melalui HPL.”

Manfaat Akupresur

Akupresur selaku turunan dari akupuntur ialah salah satu metode yang bisa digunakan buat meminimalisir kejadian- kejadian semacam Kumala. Yesie menarangkan prinsip metode ini nyaris sama dengan akupunktur. Kelainannya, bila akupunktur memakai jarum, akupresur memakai tekanan jari ataupun perlengkapan bantu tumpul yang lain. Pada bunda berbadan dua, metode akupresur bisa digunakan buat memicu induksi natural pula meredakan sakit serta mual di umur kehamilan muda.

Mi Kyeong Lee, dkk pada 2004 melaksanakan observasi terhadap 75 wanita yang hendak bersalin. Tadinya, mereka sudah diberi pengobatan akupresur. Hasilnya menampilkan 30- 60 menit sehabis intervensi, aksi ini efisien kurangi rasa sakit serta mempersingkat waktu persalinan.

Selaku upaya preventif supaya kehamilan tidak melalui periode HPL, idealnya bunda berbadan dua melaksanakan akupresur seminggu sekali mulai usia kehamilan 36 pekan. Frekuensi pengobatan bisa ditingkatkan jadi 2 kali seminggu dikala tiba umur kehamilan 39 pekan. Metode ini tidak mengenakan kapsul, obat, perangsang, maupun jarum, sehingga cenderung nyaman untuk bunda serta bakal anak.

“ Pada klien aku, metode ini mempunyai tingkatan keberhasilan sampai 75 persen,” ucap bidan serta praktisi hypnobirthing serta gentle birth ini.

Baca juga manfaat akupresur bagi tubuh

Jangan Jalani Akupresur pada Kehamilan Berisiko

Akupresur menolong leher rahim jadi matang serta melebar, membuat posisi balita turun, dan kontraksi lebih kilat. Bunda berbadan dua bisa melaksanakan pengobatan ini kala hadapi 3 suasana utama. Awal, kala kehamilannya melewati HPL. Kedua, dalam proses persalinan tetapi mau menguatkan dan membuat kontraksi lebih efisien. Ketiga, cairan ketuban rusak saat sebelum dimulainya persalinan fase aktif.

“ Yakinkan kehamilan terletak di tingkatan resiko rendah.”

Akupresur tidak dapat dicoba dengan keadaan kehamilan yang plasentanya terletak rendah, sebab dapat tingkatkan resiko pendarahan. Begitu pula dengan hipertensi serta sebagian penyakit lain yang mempunyai titik tekan terlarang. Tetapi, pada kehamilan sedikit resiko, metode ini malah mempersingkat waktu persalinan sampai 2 jam dibandingkan mereka yang tidak melaksanakannya.

Infografik Akupresur

Akupresur ibu hamil idealnya memanglah dicoba oleh seseorang terapis akupunktur kebidanan serta isi. Tetapi, terapis dengan spesialisasi tersebut terbilang sangat jarang di Indonesia. Bagi Yesie, jumlahnya apalagi tidak menggapai 20 orang. Hingga buat mengakali keterbatasan terapis, Bidan Kita serta Hypnobirthing Indonesia melatih bidan- bidannya melaksanakan akupresur bawah buat bunda berbadan dua.

“ Bidan- bidan kami sudah diajarkan metode akupresur bawah yang nyaman,” jamin Yesie.

Walaupun sanggup membagikan jasa akupresur, Yesie senantiasa tidak pelit ilmu. Dia apalagi bersedia dihubungi para bunda serta membuka tahap tanya jawab dalam kelas online di Bidan Kita. Bimbingan tentang persalinan sedikit trauma tercantum teknik- teknik relaksasi semacam akupresur secara cuma- cuma dia bagikan.

Tujuannya jelas: buat mengedukasi bunda serta pendampingnya supaya sanggup menghasilkan kehamilan serta persalinan aman. Para bunda yang domisilinya jauh dari praktisi juga bisa memberdayakan diri sendiri serta suaminya buat menolong relaksasi dengan akupresur. Kata Yesie, titik- titik tekan bawah cenderung gampang dipelajari serta nyaman. Akupresur ibu hamil dapat dicoba dengan penekanan di titik yang berlokasi di segala badan, mulai dari pergelangan kaki ke pantat, mengarah ke tangan.

“ Suami wajib ngerti, sebab kita tidak ketahui kapan, misalnya ketuban rusak dini seketika. Dari pada bimbang pembukaan belum tiba, lebih baik jalani akupresur,” tulisnya.

Penutup

Triknya, Kamu lumayan memijat wilayah antara pangkal tulang jempol serta pangkal tulang telunjuk tangan. Terdapat gerakan spesial buat menaikkan kontraksi pada rahim, ialah dipijat searah jarum jam sebanyak 20- 30 kali. Kebalikannya, buat kurangi kontraksi di rahim pemijatan dicoba lawan arah jarum jam sebanyak 20- 30 kali.

Tetapi, sekali lagi: yakinkan kehamilan Kamu bukan kehamilan yang berisiko.

One thought on “Akupresur Ibu Hamil Dan Manfaatnya Untuk Bayi

  1. Pingback: Akupresur Adalah,Sejarah Dan Manfaat Bagi Tubuh Manusia - Akupresur

Leave a Reply

Your email address will not be published.