Akupresur Adalah,Sejarah Dan Manfaat Bagi Tubuh Manusia

By | October 16, 2021

Akupresur adalah pengobatan tradisional Cina. Metode ini mirip dengan akupunktur, tetapi tanpa menggunakan jarum. Akupresur dianggap memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan sirkulasi darah, stimulasi sistem saraf, dan relaksasi dan peremajaan tubuh.

Pengobatan Akupresur telah digunakan di Cina ribuan tahun kemudian. Akupresur diuji dengan mendistribusikan tekanan ke bagian tubuh tertentu. Tekanan ini dapat diterapkan melalui siku, tangan, atau alat bantu khusus, tetapi jarum tidak dapat digunakan. Oleh karena itu, akupresur sering disebut sebagai akupunktur tanpa jarum.

Pahami Akupresur dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Seperti akupunktur dan moksibusi, obat ini juga dipercaya baik untuk relaksasi dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Ada ratusan titik akupuntur di permukaan tubuh, tetapi titik akupunktur universal yang digunakan adalah:

LR-3 atau titik jantung 3. Titik ini merupakan bagian lunak antara jempol kaki dan kedua jempol kaki.

Titik LI4 atau titik dua ada di jari Anda. Itu terletak di bagian lunak antara jari telunjuk dan ibu jari.

SP-6 atau titik limpa 6. Titik ini berada di dekat tiga jari di atas mata kaki, tepatnya di bagian lunak atau pangkal otot betis.

Manfaat akupresur pada tubuh

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, ada teori bahwa timbulnya penyakit disebabkan oleh terhambatnya aliran energi yang disebut “Qi” di dalam tubuh. Akupresur bekerja dengan melepaskan steker energi.

Akupresur, yang mendorong titik tertentu pada tubuh, dianggap dapat mengatasi penyumbatan aliran energi dan mengembalikan keseimbangan energi tubuh Anda.

Baca juga:  Cara mengatasi peranakan turun 

Di bawah ini adalah beberapa manfaat akupresur yang perlu Anda ketahui:

Menghilangkan rasa sakit

Akupresur dapat meredakan nyeri seperti nyeri punggung, sakit kepala, dan nyeri pasca operasi dengan mendorong tubuh untuk menghasilkannya.

Endorfin. Hormon ini tidak hanya menghilangkan rasa sakit, tetapi juga menciptakan perasaan positif.

Membantu meringankan efek samping kemoterapi

Pasien yang menjalani kemoterapi sering mengalami mual, lemas, malaise, bahkan stres psikologis.

Akupresur diduga dapat meredakan stres, mual, nyeri, meningkatkan energi, dan mengobati sembelit, yang dapat terjadi sebagai efek samping kemoterapi.

Menghilangkan stres dan kecemasan

Kecemasan, stres psikologis, dan stres psikologis adalah hambatan psikologis yang terjalin secara universal. Dalam jangka panjang, kondisi ini dapat mengganggu kesehatan dan menurunkan kualitas hidup.

Satu studi menemukan bahwa pasien yang dirawat untuk mengatasi stres psikologis dan ketakutan mengalami perbaikan gejala mereka setelah menerima pengobatan bonus selama beberapa bulan dalam bentuk akupresur.

Akupresur juga tampaknya membantu mengurangi stres dan kecemasan pada pasien yang mencari prosedur medis tertentu, seperti mencuci darah.

Meningkatkan kualitas tidur

Sulit tidur bisa membuat Anda semakin lemah, sulit berkonsentrasi, dan mengantuk saat bekerja. Untuk membantu mengatasi hal tersebut, pengobatan akupresur mungkin bisa membantu. Hal ini diduga terkait dengan efek endorfin yang dikeluarkan dari tubuh saat menerima pengobatan akupresur.

Selain beberapa manfaat yang disebutkan di atas, akupresur diduga dapat membantu mengurangi nyeri otot dan persendian seperti radang sendi.

Baca juga akupresur  ibu hamil

Meski biasanya sangat nyaman, pengobatan alternatif ini bisa menimbulkan rasa sakit dan memar pada titik akupuntur. Jika Anda ingin mencoba perawatan akupresur, pastikan untuk memilih terapis yang berpengalaman dan mampu di bidang ini. Jika ragu, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mencoba perawatan akupresur.

One thought on “Akupresur Adalah,Sejarah Dan Manfaat Bagi Tubuh Manusia

  1. Pingback: Akupresur Ibu Hamil Dan Manfaatnya Untuk Bayi - Akupresur

Leave a Reply

Your email address will not be published.